Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur Bergerak Cepat

Tulungagung, Panggung Modus Operandi –┬áTidak lama lagi, para nelayan Pantai Sine (Teluk Sine), Desa Kalibatur, Kec. Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur sebentar lagi akan memiliki pelabuhan perikanan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) bergerak cepat. Saat ini Diskanla terus mamatangkan Detail Engenering Design (DED), hal tersebut terlihat yang telah dilelang pada 27 September 2017, dengan pagu sebesar Rp 240.000.000,- dengan pemenang PT. Maerakaca Graha Kencana, Surabaya.

Pembangunan pelabuhan perikanan ini, tindak lanjut dari berlakunya Undang-Undang Pemerintah Daerah Nomor 23 tahun 2014 dan Undang Undang Nomor 9 tahun 2015, tentang perubahan kedua atas Undang Undang Nomor 23 tahun 2014. Dalam Undang undang tersebut diatas, mengamatkan urusan Kelautan, Pesisir dan Pulau pulau kecil diambil oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Hal ini menjadi dasar pengalihan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), termasuk Pelabuhan Pendartan Ikan Popoh yang selama ini ditangani Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung, beralih menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawatimur.

Kabupaten Tulungagung memiliki garis pantai, sepanjang sekitar 60 kilometer, yang terdiri dari tiga Teluk, yang berpotensi sebagai pusat kegiatan perikanan tangkap, yaitu Pantai Popoh dan Pantai Sidem, Teluk Brumbun (pantai brumbun) dan Teluk Sine (pantai Sine). Pantai-pantai tersebut pada umumnya bisa saling mendukung dua bidang, yaitu bidang perikanan dan pariwisata.

Sementara untuk potensi laut, Kabupaten Tulungagung mempunyai luas sekitar 451, 89 mil laut dengan potensi kekayaan ikan laut sebesar 25.000 ton/tahun. Sedangkan potensi tangkap lestari (MSY) sekitar 12.000 ton/tahun. Dan total yang ditangkap atau Total Allowed Catch (TAC) sekitar 100.000 ton/tahun. Potensi ikan sendiri yang ditangkap berupa tenggiri, layur dan mayung (tongkol, lemuru, peperek, teri, sardennela, kembung, ekor merah, ekor kuning) dan beberapa jenis ikan lainnya.

Pantai Sine (Teluk Sine) Desa Kalibatur, Kec. Kalidawir. Memiliki hamparan pasir indah berwarna putih kehitam hitaman. Pantai ini terletak di laut Jawa bagian selatan yang secara tata praja pemerintahan berada di Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.
Tulungagung memang tidak hanya memiliki pantai pesisir (teluk) Sine, ada pantai Popoh, pantai Sidem, pantai Brumbun. Kalau pantai Popoh dan Sidem tidak memiliki hamparan pasir putih kehitam-hitaman malah cenderung pantainya berbatu- batu, namun prasarana kepelabuhanan sudah jauh lebih baik dari pantai Sine. Pantai popoh sudah memiliki dermaga dan prasarana yang cukup misalnya bidang air bersih dan penunjang lainnya.

Dalam perjalanan wartawan Panggung Modus Operandi di provinsi Jawatimur yang berpotensi perairan tangkap, seperti Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pasongsongan Madura, Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Muncar Banyuwangi dan PPI Bulu Tuban yang berbatasan dengan Provinsi Jawa tengah atau sebut saja Pelabuhan Pendaratan Ikan Pondok Dadap Kab. Malang. pelabuhan perikanan Mayangan, Pelabuhan Perikanan Tamperan semuanya layak dan sedang giat-giatnya dibangun dengan dana ratusan miliar rupiah.
Di Pantai Sine tidak akan ditemukan seperti umumnya prasarana pelabuhan ikan yaitu dermaga, Cuseway, kolam labuh dan tambat. Nelayan Sine melabuhkan kapalnya diperairan laut, jika akan berlayar dan pulang membawa hasil tangkapan harus memakai kapal kecil sebagai transportasi tambahan. Ketimpangan ini sangat mencolok mata. tentu seperti ini harusnya dihindari oleh pemerintah, baik pusat, maupun Dinas Kelautan Provinsi Jatim dan Pemkab Tulungagung.

Dalam wawancara Panggung Modus Operandi beberapa tahun lalu dengan seorang istri nelayan di Pantai Sine yang mengolah hasil tangkapan seperti ikan pare menjadi ikan pari asap, sering disebut ikan asap pe, masih memakai cara tradisional sebagai media pembakar yang tentu kapasitas produksi sangat rendah dan waktu yang relatif lama dibanding mesin oven yang kapaitas besar dan mutu akan terjamin seragam. Menurut istri nelayan ini bantuan pemerintahan untuk pengolahan ikan pari yang ditekuninya, agar ditingkatkan. Pande

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here