Kantor UP Gelanggang Jakarta Pusat.

Jakarta, Panggung Modus Operandi – Kepala Unit Pengelola Gelanggang Kota Administrasi Jakarta Pusat (UP Gelanggang Jakpus) Mimi Karminingsih terindikasi penyalahgunaan wewenang karena membuat surat pesanan dan menandatangani kontrak pengadaan barang/jasa paket Pengadaan Bahan Kimia Kolam Renang dengan penyedia tertentu dengan harga produk lebih tinggi, sedangkan produk dengan harga lebih baik (lebih rendah) dari penyedia lain masih ada tercantum pada katalog elektronik.

Menurut informasi dari narasumber berinisial CH yang menyampaikan, “pengadaan barang/jasa paket Pengadaan Bahan Kimia Kolam Renang dari Unit Pengelola Gelanggang Jakarta Pusat tahun anggaran 2024 dengan metode e-purcasing terindikasi penyimpangan terhadap peraturan perundang-undangan dibidang pengadaan barang/jasa pemerintah dan diduga terjadi pemborosan dan kebocoran keuangan daerah Provinsi DKI Jakarta.

Pengadaan Bahan Kimia Kolam Renang dari Unit Pengelola Gelanggang Jakarta Pusat tahun anggaran 2024 meliputi pengadaan bahan kimia aluminium sulphat, trusi, Hcl cair, kaporit dan soda ash dense.

Diduga terjadi pengaturan dan atau kolusi antara pejabat pembuat komitmen (PPK) dengan penyedia CV. Prima Nugraha pada pengadaan barang/jasa paket Pengadaan Bahan Kimia Kolam Renang dari Unit Pengelola Gelanggang Jakarta Pusat karena memilih produk kaporit dan soda ash dense dari penyedia CV. Prima Nugraha dengan harga yang lebih tinggi, sedangkan produk kaporit dan soda ash dense dari penyedia lain dengan harga lebih baik (lebih murah) masih ada tercantum pada katalog elektronik.

Harga produk tercantum Kaporit Tjiwi Kimia dari penyedia CV. Prima Nugraha sebesar Rp. 48.840/kg dan harga produk tercantum Kaporit Tjiwi Kimia dari penyedia CV. Sekar Mandiri sebesar Rp. 38.600/kg. Selisih harga tercantum produk dari penyedia CV. Prima Nugraha dengan produk penyedia CV. Sekar Mandiri sebesar Rp. 10.240/kg.

Harga produk tercantum Soda Ash Dense dari penyedia CV. Prima Nugraha sebesar Rp. 743.700/zak dan harga produk tercantum Soda Ash Dense dari penyedia PT. Kapezta Multi Mandiri sebesar Rp. 398.500/zak. Selisih harga tercantum produk dari penyedia CV. Prima Nugraha dengan produk penyedia PT. Kapezta Multi Mandiri sebesar Rp. 345.200/zak.

Berpedoman pada Lampiran I Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia Nomor 122 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Katalog, pada huruf E, poin2, poin 1, huruf d tertulis : PPK/PP mempersiapkan referensi harga yang berfungsi sebagai referensi untuk melakukan negosiasi harga. Pengumpulan referensi harga dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut : (1) Referensi harga disusun dengan sumber data sebagai berikut : (a) Mencari produk dengan harga terbaik yang tercantum pada katalog elektronik sesuai dengan spesifikasi teknis yang dibutuhkan dengan memperhatikan ketentuan terkait prioritas penggunaan produk dalam negeri dan prioritas penggunaan produk dari penyedia dengan kualifikasi usaha kecil serta koperasi.

Atas dasar apa dan berpedoman pada aturan yang mana Kepala UP Gelanggang Jakpus Mimi Karminingsih selaku PPK membuat surat pesanan dan menandatangani kontrak dengan penyedia CV. Prima Nugraha pada paket Pengadaan Bahan Kimia Kolam Renang tahun anggaran 2024 sedangkan produk kaporit dan soda ash dense dari penyedia lain dengan harga lebih baik (lebih murah) masih ada tercantum pada katalog elektronik.

Diduga terjadi pengaturan dan atau kolusi pada pengadaan barang/jasa paket Pengadaan Bahan Kimia Kolam Renang dari Unit Pengelola Gelanggang Jakarta Pusat tahun anggaran 2024 yang melibatkan kuasa pengguna anggaran (KPA) merangkap jabatan sebagai PPK dan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) dengan penyedia CV. Prima Nugraha”, tandasnya serta memberikan data pendukung informasi yang disampaikan.

Sesuai dengan data yang diberikan oleh narasumber berinisial CH yang bersumber dari portal https://sirup.lkpp.go.id, ada paket Pengadaan Bahan Kimia Kolam Renang dari Unit Pengelola Gelanggang Jakarta Pusat tahun anggaran 2024 dengan metode e-purchasing dengan pagu sebesar Rp. 987.031.140.

Sesuai dengan data yang diberikan oleh narasumber berinisial CH yang bersumber dari portal https://lpse.jakarta.go.id, ada paket Pengadaan Bahan Kimia Kolam Renang dari Unit Pengelola Gelanggang Jakarta Pusat tahun anggaran 2024 dengan metode e-purchasing dengan pagu RUP sebesar Rp. 987.031.140, kode paket HKK-P2401-8395932, nilai pagu RUP sebesar Rp. 945.573.480, HPS sebesar Rp. 945.573.480, pemilihan tanggal 18 Januari 2024, hasil pemilihan tanggal 18 Januari 2024, penyedia CV. Prima Nugraha dengan nilai kontrak sebesar Rp. 945.573.480, tanggal kontrak 19 Januari 2024.

Sesuai dengan data yang diberikan oleh narasumber berinisial CH yang bersumber dari portal https://e-katalog.lkpp.go.id, ada produk Kaporit Tjiwi Kimia dari penyedia CV. Prima Nugraha dengan nama produk Kaporit Tjiwi Kimia, harga produk tercantum sebesar Rp. 48.840/kg, nilai TKDN (%) 52,69, nama pemilik sertifikat PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia TBK dengan spesifikasi produk Berbentuk bubuk, kadar 60%.

Sesuai dengan data yang diberikan oleh narasumber berinisial CH yang bersumber dari portal https://e-katalog.lkpp.go.id, ada produk Kaporit Tjiwi Kimia dari penyedia CV. Sekar Mandiri dengan nama produk Kaporit Tjiwi Kimia 60%, harga produk tercantum sebesar Rp. 38.600/kg, nilai TKDN (%) 52,69, nama pemilik sertifikat PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia TBK dengan spesifikasi teknis Kemasan isi 15 kg/pail kaporit tjiwi kimia 60 calcium hypochlorite (kaporit) dengan rumus kimia Ca (OCl) memiliki kadar 60-65%, larut dalam air dan bersifat higroskopis (menyerap air).

Sesuai dengan data yang diberikan oleh narasumber berinisial CH yang bersumber dari portal https://e-katalog.lkpp.go.id, ada produk Soda Ash Dense dari penyedia CV. Prima Nugraha dengan nama produk Soda Ash Dense, harga produk tercantum sebesar Rp. 743.700/zak dan nilai TKDN (%) tidak ada.

Sesuai dengan data yang diberikan oleh narasumber berinisial CH yang bersumber dari portal https://e-katalog.lkpp.go.id, ada produk Soda Ash Dense dari penyedia PT. Kapezta Multi Mandiri dengan nama produk Soda Ash Dense, harga produk tercantum sebesar Rp. 398.500/zak dan nilai TKDN (%) tidak ada.

Data yang diberikan oleh narasumber berinisial CH dilakukan pengecekan pada https://sirup.lkpp.go.id, portal https://lpse.jakarta.go.id dan portal https://e-katalog.lkpp.go.id, data tersebut ada terpublikasi sesuai dengan data yang diberikan.

Terkait informasi dari narasumber berinisial CH dikonfirmasi kepada Kepala Unit Pengelola Gelanggang Kota Administrasi Jakarta Pusat secara tertulis. Sampai berita ini dipublikasikan belum ada tanggapan. (Polman/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here